Tuesday 6 December 2016

Review Undangan Part 2: Cara Membuat Label Undangan

Hello Bridezilla


Welcome Back!


Hampir dua bulan ya ga update hehe...


So langsung aja deh, sesuai dengan postingan sebelumnya yang masih berkaitan dengan undangan, di postingan ini aku akan membahas cara membuat label undangan. Selamat membaca!

Well membuat label undangan ini termasuk salah satu PR yang bikin aku dan pasangan ribet berpangkat. Kita sampai ngabisin ber sheet-sheet label Tom & Jerry hahaha. Karena meskipun kita udah berguru kepada mbah google, tetep aja trial and errornya banyak. Kenapa sih ga mandatin aja masalah perlabelan ke jasa cetak? No, karena sebelum-sebelumnya aku udah pernah beberapa kali membuatkan label undangan untuk  beberapa saudara (meskipun cara buat labelnya lupa-lupa inget), masa untuk label undangan acara sendiri ga bisa. Dan prinsipku, selama bisa dikerjakan sendiri, kenapa harus dikerjakan oleh orang lain. Jadilah aku menghabiskan 21 sheet dalam rangka coba-coba.


So tutorialnya sebagai berikut:

Untuk format Label Tom & Jerry 103



1. Buka Ms Word, New Blank Document. Pilih Mailings, Start Mail Merge, Label





2. Dari Start Mail Merge, Klik Label, Pilih New Label





3. Dari New Label dialog box, beri nama dan isi parameter yang diperlukan sesuai petunjuk dibawah ini. Pada contoh adalah parameter yang digunakan untuk mencetak label Tom & Jerry 103. Click OK untuk menyimpan





4. Klik Select Recepient, use existing list (dengan catatan kalian sudah menyiapkan list nama undangan di Ms. Excel)








5. Klik Rules, Pilih Next Record. Inilah tampilan dari Main Document setelah semua Field kita import pada halaman (Preview Results). Jangan khawatir, ketika di print nanti yang tercetak adalah text sesuai data sebenarnya bukan place holder seperti terlihat pada gambar. Jika ingin mengedit masing2 label, click tombol Edit Individual Document (tombol tengah disamping tombol Print), maka yang muncul adalah laman label sesuai data yang diinput. Setelah semua terlihat benar click File, Print.







Pada tahap ini, design label bisa dipercantik dengan mengganti background, menambahkan vektor bunga seperti contoh yang aku buat, atau mengatur center text dan sebagainya. Jika telah puas dengan tampilan dilayar, masukkan sehelai sheet draft terlebih dahulu, click print dan lihat hasilnya. Pegang label dan kertas menentang cahaya dan lihat posisi tulisan pada label, jika belum pas ada yang terlalu keatas atau malah keluar area sticker, perbaiki parameter pada opsi Label yang sebelumnya diisi. Jika semua sudah pas, masukkan lembaran sticker sesuai petunjuk pada printer dan selamat mencetak label sendiri.

Sekian review cara membuat label undangannya, Bridezilla. Sampai jumpa di postingan berikutnya, Review Souvenir. Stay tune!

0 komentar:

Post a Comment