Monday 5 September 2016

Review Gedung Part 2: Bea Cukai, Graha Zeni

< Part 1...

4. Gedung Bea Cukai

Gedung Bea Cukai, gedung yang lokasinya paling dekat dengan rumah. Gedung ini termasuk gedung favorit di bilangan Jakarta Timur yang selalu jadi incaran para capeng, karena letaknya yang strategis. Jauh sebelum survei, aku udah lebih dulu googling beberapa gedung di Jakarta Timur dan Pusat, dan salah satunya gedung Bea Cukai ini. Bertetanggakan seorang pegawai bea cukai, aku meminta tolong kepada Bude -begitu aku memanggilnya- untuk mengecek tanggal yang masih available di bulan yang kami mau (note: kami hunting gedung H-8 bulan) dan percaya ga percaya tanggal di bulan yang kami mau udah di booking, yang tersisa hanya space untuk malam hari (note: aku dan pasangan udah sepakat untuk memilih acara di siang hari, karena pasangan ga mau ribet acara ditengah-tengah waktu sholat maghrib).

Memang, mendapatkan gedung yang kita mau plus tanggal yang kita mau itu susah-susah gampang. Tapi kita ga patah arang, di minggu kita dapat list tanggal yang tersisa, kita langsung datang ke gedung Bea Cukai. Namun sayangnya siang itu pengelola gedung sedang di luar. Tapi kita berkesempatan masuk ke gedungnya, karena acara baru aja selesai. Gedung Bea Cukai ini berkapasitas 1000-1200 orang, ceilingnya tinggi, model meluas kotak, parkirannya luas, ruang rias terbagi 2, ruas rias pengantin dan non pengantin. Setelah kami melihat-lihat ke dalam gedung, aku agak concern ke lantainya, yak aku ga begitu suka lantainya, karena lantainya tidak berwarna putih. Yes, I'm addicted to white color. Dan warna lantainya juga agak terlihat kusam karena berwarna abu-abu tua dan kuning. 

Karena gedung ini adalah gedung terdekat dari rumah, maka aku masih berkeinginan untuk bertemu langsung dengan pengelola gedung, siapa tau ada capengers yang cancel di tanggal yang kami mau. Di kesempatan kedua kami berhasil bertemu dengan pengelola gedung, dan benar aja di bulan yang kami mau bahkan udah full untuk siang dan malam hari. Whaaat? Akhirnya aku dan pasangan sempat berpikir untuk memundurkan tanggal pernikahan ke bulan kelahiranku, kemudian kami tulis nama kami di bulan tersebut, sistemnya sama dengan GOR Rawamangun, kita akan dihubungi kembali oleh pengelola gedung mengenai konfirmasi kelanjutannya. Harga gedung Bea Cukai per 2015 adalah IDR 12.000.000 dengan charge/infaq IDR 500.000 untuk akad nikah di masjid dan charge IDR 1.000.000 untuk akad nikah di gedung. PIC: Pak  Zahran 0857 7649 4126


5. Gedung Graha Zeni

Gedung ini terletak di Jalan Ksatrian II, Matraman, persis disamping Unit Pemadam Kebakaran. Gedung Graha Zeni ini berkapasitas kurang lebih 1500 orang dengan model memanjang. Gedung ini berada di dalam kompleks Angkatan Darat, parkirannya luas, terdapat banyak toilet, ruang riasnya juga luas, terbagi menjadi 3 ruangan yakni untuk pengantin, ruang ganti pria, dan ruang ganti wanita. Di kesempatan pertama kami survei, kami ga berhasil masuk ke gedung ini, karena acara belum selesai. Dan kesimpulan kami setelah melihat kenampakan gedung dari luar pintu utama, rasanya kami ga tertarik menggunakan gedung ini karena menurut kami gedung Graha Zeni ini terlalu besar. Harga gedung Graha Zeni per 2015 adalah IDR 11.500.000 dengan charge IDR 500.000 untuk akad nikah di gedung dan charge IDR 1.000.000 untuk akad nikah di masjid. PIC: Pak Ucu 0818 0878 4575

Kalian masih membaca sampai sini? Way to go, Bridezilla. Berminggu-minggu udah kami habiskan untuk hunting gedung secara langsung ataupun via google surfing, tapi kami belum bisa memutuskan gedung mana yang hendak kami gunakan. Setelah kami laporan kepada kedua orang tua mengenai hasil hunting kami, ada beberapa masukan yang bisa kami pertimbangkan. Semandiri-mandirinya kalian mengurus pernikahan, tetap harus menginformasikan segala sesuatunya secara detail kepada orang tua ya Bridezilla.

Dan pada akhirnya, kami cancel gedung GOR Rawamangun karena aku dan pasangan merasa belum cocok di hati, meskipun tanggal yang kami mau available. Kami juga cancel gedung Bea Cukai, karena rasanya engga banget kalo mau nikah aja harus mundur tanggal gegara tanggal yang di mau unavailable, ditambah lagi kedua gedung ini udah berbeda Kecamatan dengan tempat tinggal kami, it means perkara mengurus dokumen ini dan itu akan jauh lebih riweuh. Maka tersisalah kami yang kebingungan, akhirnya aku mencoba menghubungi pihak Graha Zeni, aku bertanya tanggal berapa aja yang masih available di bulan April. Yap, aku dan pasangan tetap pada rencana kami menikah di bulan Rajab, dan Alhamdulillah di tanggal 30 April untuk acara siang hari masih available. Saat itu rasanya seneng banget, ga henti-hentinya mengucap syukur, dan jejingkrakan di kantor. Dan siang itu juga, pasangan langsung down payment.



Graha Zeni dengan nuansa putih dan toska mint as my favourite color  (Sumber: Pribadi)

*Untuk melihat keseluruhan dekorasi klik disini*

Graha Zeni, gedung yang bahkan belum sempat kami survei, belum sempat kami masuki, tapi langsung kami DP hahaha lucu ya. Berminggu-minggu setelah kami DP barulah kami sempat untuk mendatangi gedung ini lagi. Untuk mendatangi venue ini saat ada acara wedding baru aku alami satu kali, saat menghadiri pernikahan teman SD di tahun 2011, selebihnya ga pernah sama sekali. Begitupun dengan pasangan, dia belum pernah menghadiri undangan ke Graha Zeni sama sekali. Jadi kami berdua ga punya bayangan sama sekali Graha Zeni itu seperti apa, kecuali referensi dari google. Dan memang Allah Maha Merencana lagi Maha Baik dan Maha Sempurna, lantai di Graha Zeni itu putih, dindingnya putih, ceilingnya tinggi dan putih, semuanya bernuansa putih, gedungnya memanjang, dan penempatan gradasi warna lantainya perfect untuk meletakkan karpet, pokoknya aku merasa cocok. Meskipun tetep, aku merasa gedung ini terlalu besar, kebesaran.

Tapi Sungguh Allah Maha Tau Yang Terbaik. Pertama, Gedung ini dekat dengan rumah. Kedua, meski saat acara berlangsung, gedung ini masih terasa agak lowong di bagian depan pelaminan, tapi tamu undangan tidak perlu mengalami desak-desakan saat mengambil makanan karena spacenya masih mencukupi tanpa perlu umpel-umpelan. Ketiga, urusan ke KUA jadi jauh lebih mudah dan ringan, karena Graha Zeni masih dalam satu Kecamatan dengan tempat aku dan pasangan tinggal, jadi ga perlu buat surat numpang nikah dll, Alhamdulillah.


"... Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." Al Baqarah 216


Disclaimer: 
Sejujurnya aku dan pasangan lebih nyaman mengadakan acara yang sederhana bersama keluarga, saudara, teman, dan para sahabat. Namun, soal menikah bukan hanya soal apa yang kita mau dan tidak kita mau, ada kepentingan orang tua kita juga yang harus kita pertimbangkan. It means, tamunya bukan cuma teman-teman kita aja, namun juga kerabat mereka, dan itu artinya jumlah tamu undangannya buanyak. Dan karena dari awal kami berdua udah sepakat untuk tidak merepotkan orang tua, keluarga, termasuk tetangga. Jadi kami memilih untuk tidak menjadikan rumah sebagai tempat pernikahan kami, tetapi kami memilih yang ringkas yakni di gedung. Tapi kembali kepada para capengers, utamakan kebutuhan dan budget kalian tentunya, karena setiap pilihan ada sisi kelebihan dan kekurangan.

Jadi kira-kira begitulah cerita pengalamanku hunting gedung, Bridezilla. Ada informasi yang bisa didapat? Ada point yang bisa diambil? Semoga bermanfaat yaa

Wedding Check List
Aku buat sendiri, list mulai H-8 Bulan sampai H+1 minggu
Yap, I am detail oriented and well organized
Yang berminat boleh email

Sekian untuk review gedung pernikahan, next topic: Review Catering. Stay tune!

42 comments:

  1. Hay cantik, thanks bgd info blog nyaaa aku mauu wedding ceklist nyaa emaill bolehkaahh

    novaliadwi17@gmail.com

    ReplyDelete
  2. haii mba erina,

    boleh review ga knp mba erina ga jd pilih pake GOR rawamangun ??
    aku td nya sempet tertarik sm GOR rawamangun tp blm sempet aja buat mampir" ksana . oiyaa aku udah baca semua cerita dr awal mba erina menuju wedding smpe akhir seru ya . sangat membantu buat orang" kaya aku yg bner" buta tentang wedding dan gatau hrus mulai drmn . sebetulnya msi banyak yg pngn aku tanya sm mba erina , tp sgtu dl aj deh tkutnya ganggu mba erina dan jd sok eskaesde . hehehhehe

    thanks mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kamalia

      Dengan senang hati, info email kamu ya

      Delete
    2. email aku maekamalia17@gmail.com
      thanks ya mba udah mau ngbantu buat sharing weddingnya ke aku ..hehhehe

      Delete
    3. hii mba boleh kirim ke email ku rosdiana.key@gmail.com terimakasih

      Delete
  3. Halo mba Erina, boleh minta wedding checklistnya mba? Ini emailku ya sylvi_ardila@yahoo.com
    Thanks before��

    ReplyDelete
  4. hallo ka, boleh minta kirimin wedding checklist nya kah ke osyatifa@gmail.com ?
    kebetulan aku lagi bingung banget nih ka untuk nyiapin segalanya, takut ada aja yg kelewat :(
    Makasih yaa ka sebelumnya :)

    ReplyDelete
  5. halooo ka erina, tulisannya ngasih pencerahan hehe. aku boleh minta resume weddingnya sama PL nya yani wedding ke email aku nda npadhilah@gmail.com ? , klo baca dr tulisan kaka harga yg cukup masuk akal, soalnya beberapa kali ke wedding fair malah bikin drop sama harganya :(. hehehe maaf merepotkan dan terima kasih yaa sebelumnya :)

    ReplyDelete
  6. Halo kak, boleh email wedding checklist nya? Ke novyumbas@gmail.com kak, thank you :)

    ReplyDelete
  7. Hai Kak Erina, boleh saya minta wedding checklistnya juga?
    Tolong dikirimkan ke yuni.cun2@gmail.com
    Terima kasih kak sebelumnya :)

    ReplyDelete
  8. haloo kak erina.. wah tulisannya membantu banget. aku boleh minta wedding checklistnya juga ga ya?
    tolong diemail ke andindandun@gmail.com.
    terima kasih banyak kak sebelumnya ;D

    ReplyDelete
  9. Ka erina tulisan nya informatif sekali, boleh minta wedding cek list nya ya ka ke noviinkaresky@gmail.com, makasih

    ReplyDelete
  10. Mba, boleh minta wedding ceklistnya??
    Email aku dewiditarosdiana30@gmail.com
    Makasiii ya mbaa :)

    ReplyDelete
  11. Selamat siang Ka Erina, tulisannya sangat informatif. Saya boleh minta wedding cek listnya ke hasantridimas@gmail.com, terima kasih

    ReplyDelete
  12. Haii Kak Erinaaaaaaaa, blog walking bgt nih, nemu ginian hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii Uniiiiiiiiiiiiii

      Blog walking bener yee jam 2 pagi ckck hahahaha
      Asiiik jadi kapan nih undangannya?

      Delete
  13. Selamat siang Erina,Bermanfaat banget tulisannya... Saya boleh minta wedding cek listnya ke echoo.putra@gmail.com, terima kasih

    ReplyDelete

  14. halo semuanya aku mau sekedar sharing nih tentang BRP ballroom. ternyata BRP ballroom buka ballroom baru lagi loh. tepatnya di Smesco Convention Hall lantai 2. ini ballroomnya bagus loh diatas nya ada awan-awannya selain itu akses nya juga gampang ada 3 lift dan 4 escalator.

    terus wedding expo februari kemarin aku dateng ke JCC kebetulan ke booth BRP ini dan dijelasin oleh mas ochi tentang BRP convention ini, ternyata dia dipindah ke convention ini. setelah aku hitung - hitung lebih murah disini loh dan paketnya udah exlcusive dibanding yang lainnya. aku bandingin waktu itu sama patra jasa, bappindo, balai kartini, bidakara. bedanya bis 30-40 juta loh. lumayan banget.
    akhirnya aku DP disini untuk bulan September dan dapet bonus honeymoonnya ke AYANA bali. oke banget pokoknya..

    buat yang tertarik aku kasih nonya yaa di 0817 0015 111

    ReplyDelete
  15. Hai capeng, yang lagi cari gedung full carpet, aku punya ballroom yg masih baru dengan konsep semi hotel tpi harganya jauh dibawah hotel loooh.. disini sistemnya udah all in paket jadi capeng ga usah bingung2 lg buat milih vendor.. more info : diina 081288626477

    ReplyDelete
  16. hai mba erina, saya sedang cari informasi mengenai harga sewa GOR rawamangun dan bolehkah minta wedding checklistnya mba? kalo boleh bisa ke 1412intan@gmail.com
    makasih mba sebelumnya....

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum ka erina. Boleh minta wedding checklistnya ka ke zsazsa.ryana@gmail.com
    Makasih ka

    ReplyDelete
  18. Buat temen2 calon pengantin se Indonesia raya..yukkk ahhh jangan pake ragu buka web QQ Wedding..krn banyak BONUS menarik menanti kamu lhooo

    Karena cuma di QQ WEDDING yg bisa menyesuaikan dengan budget kalian lho dear..
    Mengemas hari bahagia kalian menjadi lebih istimewa adalah impian kami..

    Hayooo yang mau hari istimewanya di bikin lebih cantik dan berkesan, gak usah pake ragu lagi..

    hub kami segera sms/tlpn/WA di 0812-9835-0666 CP: Kiki

    Untuk melihat detail paket dan promo lainnya silahkan kunjungi

    www.qq-wedding.com

    Tx dear...

    ReplyDelete
  19. Mba, bisa minta wedding checklistnya? ke yufi_chess@yahoo.com, trims sebelumnya yaaa bermanfaat banget ini blog nyaaa

    ReplyDelete
  20. halo kak erina,, aku boleh minta wedding checklistnya ga? ke tenyrachma@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Halo Mbak Erina,
    Trima kasih sudah bagi pengalamannya. Saya mau tanya, gedung Zeni apakah cukup dingin untuk acara di siang hari?
    Saya tahu kalau malam hari tidak ada masalah panas sama sekali, tapi tidak tahu juga bagaimana kalau siang.

    ReplyDelete
  22. Hallo calon penganti, masih bingung cari venue untuk hari special kalian ? Coba intip Graha Elnusa yang sudah memperbaiki gedung menjadi mewah dengan tambahan full karpet + lampu gantung yang amat sangat cantik ..
    His Graha Elnusa All in Package jadi kalian tggl siapkan souvenir + undangan saja yang laiinya sudah di cover oleh kita .
    Aku selaku wedding consultant kalian siap melayani kalian 24 jam jika kalian butuh bantuan dan saran mengenai keperluan di hari special kalian ..
    foto ? kalian bisa langsung follow @his_grahaelnusa untuk update info terbaru dan foto gedung kita yang baru atau hubungi 087881656581 dengan anggun

    ReplyDelete
  23. Sekarang mau melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet, dapatkan juga paket liburan ke EROPA selama 5 hrai 4 malam gratis tanpa di undi. Yuuk gabung bersama kami Venue & wedding organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan, kamu udah bisa dapatkan:
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi, - Catering, - Rias & Busana,
    - Entertainment, - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    FREE HONEYMOON 4D3N di EROPA+FLIGHT / IPHONE X / FINE GOLD (tanpa diundi) & masih banyak lagii Segera hubungi marketing HIS Venue & Wedding Organizer by HIS K LINK TOWER : 0895 4103 28343 (ozi)

    ReplyDelete
  24. Dear calon pengantin...mau melangsungkan pernikahan? tidak perlu ribet, sudah dapat paket liburan ke JEPANG selama 5D4N + Voucher flight.
    Yuk gabung bersama kami Venue & Wedding Organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan, kamu udah bisa dapatkan 'all in package'. Apa aja sih?

    - Gedung
    - Dekorasi
    - Catering
    - Rias & Busana atau Bridal
    - Entertainment
    - Photography,
    - WO 8 orang
    - Mobil Pengantin (ALPHARD)

    Segera hubungi marketing HIS Venue & WO by HIS K LINK TOWER telp: 0857 5241 5266, wa: 0815 5432 9946 (Aulia)

    ReplyDelete
  25. aku mau review tentang HIS Patrajasa, mereka start pax dari 800 - 1500an. Patrajasa siapa sih yang gak tau Patrajasa Gatot Subroto? Gedung klasik mewah terkenal di tengah kota. paketnya kemarin merka kasih all in jadi tinggal urus souvenir sama undangan. Mereka juga kasih free honeymoon ke kamandalu 3D2N dan logam mulia 10gr lumayan utk nambahin mahar!! ini nomor marketingnya 082211549246 mungkin ada yang mau tanya tanya, semoga membantu..

    ReplyDelete
  26. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung graha elnusa yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh parkirannya juga luas bgt..
    Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..
    Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba Ines namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe

    ReplyDelete
  27. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung graha elnusa yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel parkirannya juga luas bgt..
    Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..
    Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba Ines namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe

    ReplyDelete
  28. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung graha elnusa yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luas bgt, udah gitu gak ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE..
    Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..
    Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Kepada Teteh & Akang Calon Pengantin

    Kami dari HIS Wedding Venue & Organizer ingin menawarkan Balai Sartika Convention Hall dengan konsep terbaru.

    Fasilitas Balai Sartika Convention Hall :

    1. Ballroom Full AC Central, 2 Standing AC depan pelaminan dan 6 standing AC di titik tertentu
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal
    3. Terdapat 4 Ruang Rias Full AC, Full Karpet dan kamar mandi
    4. Kursi 200 Buah & Sudah termasuk listrik 15.000 watt
    5. Service dari Wedding Organizer & Wedding Consultant HIS Balai Sartika
    6. Wedding Consultant Professional yang siap mendampingi Calon Pengantin
    7. Security, Free Parkir dan Akses Tol & Jalan Mudah
    8. Lucky Dip
    9. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin
    10. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

    Selain itu, Kami pun memberikan beberapa fasilitas untuk mempermudah Teteh dan Akang dalam mempersiapkan hari pernikahan, yaitu :
    Wedding Organizer
    Wedding Consultant
    Wedding Package (Banyak Pilihan Vendor Ternama Bandung)

    Untuk informasi lebih lanjut silakan untuk menghubungi saya melalui telfon dan whatsapp 085624295686 (oci). Selain itu kita juga ada special promo loh, yuk segera hubungi HIS Balai Sartika Convention Hall.

    ReplyDelete
  30. Mba aku boleh minta list persiapan wedding nya kah?
    Bisa email ke ratnaauliaurrahmah95@gmail.com

    ReplyDelete
  31. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE MALDIVES DAN BALI, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete
  32. assalamualikum mbak erina, bolehkah saya dikirim kan word atau soft copy Wedding Check List ke email saya @diahnurjulianaa@gmail.com
    sebelumnya terima kasih ..

    ReplyDelete
  33. hallo kak..
    boleh dikirim utk wedding check list nya?

    balqiesputri31@gmail.com

    makasih ka

    ReplyDelete