Thursday 29 September 2016

Review Wedding Ring a.k.a Cincin Nikah: Toko Mas Nanjak

Hello Capengers

Welcome back! 

Sesuai dengan topic list yang kelima, di postingan kali ini aku akan membahas wedding ring alias cincin nikah alias cincin kawin. Seperti yang udah sering kali aku bilang di postingan sebelumnya, sebelumnya, dan sebelumnya lagi, bahwa semua informasi yang aku dapat dalam rangka menyiapkan acara pernikahan ku kemarin adalah 100% dari mbah google; hasil review blogwalking. Karena aku anak tunggal, ga punya saudara kandung, jadi ga punya pengalaman (pengalaman kakak/saudara yang lebih tua) menyiapkan pernikahan itu seperti apa. Begitupun keluarga pasangan belum punya pengalaman menikahkan, karena ini adalah kali pertama menikahkan anak. Dan cerita hunting cincin nikah pun juga bermula dari baca review di sana-sini. 



Salah Satu Model Cincin Nikah Yang Aku List (Sumber: Pinterest)


Here We Go...


Setelah aku kenyang membaca beberapa review toko mas untuk memesan cincin nikah atau cincin kawin, aku highlight beberapa toko mas yang kira-kira terjangkau dengan kantong kami, you would never be in my list, Tiffany & Co. Beberapa diantaranya Toko Mas Kaliem Blok M yang udah terkenal sejagad raya, Toko Mas Nanjak Paseban yang juga populer, dan selebihnya Toko Mas di daerah Cikini yang ga kalah populer. Tapi, lagi dan lagi karena kami aku mau yang efisien alias yang deket-deket aja dari rumah, jadi aku pilih Toko Mas di daerah Paseban, Senen (note: ngurus semuanya sendiri -tanpa WO- membuat aku berpikir dua kali untuk nyari vendor yang jauh, kecuali terpaksa).

Sebelum akhirnya aku dan mantan pacar mengunjungi Toko Mas Nanjak, aku udah punya beberapa referensi model cincin nikah yang aku suka. Kalo kalian mau cari referensi cincin nikah, kalian tinggal googling aja Bridezilla, ribuan bahkan ratusan model akan muncul. Tapi kalo kalian mau referensi cincin nikah yang "berbeda" kalian bisa buka Pinterest, katalog dunia semuanya serba ada (note: bridesmaids cards bertema Marauders Map Harry Potter yang aku buat sendiri, sumbernya juga dari Pinterest lho Bridezilla; akan aku bahas lebih lanjut di chapter Bridesmaid Card) Keep reading!


Sumber: Pribadi

Begitu kami sampai di daerah Paseban, kami langsung parkir di pelataran pasar Paseban. Karena kami agak bingung dimana lokasi Toko Mas Nanjak, jadi kami masuk menelusuri pasar Pasaben, dan hasilnya nihil. Akhirnya kami keluar dari pasar dan berjalan sedikit ke depan jalan raya, dan akhirnya kami menemukan Toko Mas Nanjak. Alamat Toko Mas Nanjak, Jalan Paseban No.3C, Paseban, Senen, Jakarta Pusat, di sebelah kanan jalan. No telp, 021 3908759. Toko Mas Nanjak buka di hari Senin-Sabtu 09.30-17.00 dan di hari Minggu 09.30-14.00.

Begitu kami sampai di tokonya, aku pun langsung bingung, semua referensi yang udah aku list tetiba buyar begitu aja saat ngeliat model cincin yang mereka punya (note: kenapa buyar alias pendirianku goyah? Pertama, referensi model cincin nikah yang aku list rata-rata berbentuk ukiran, dan untuk harga cincin ukir atau full grafir pasti ongkosnya lebih mahal. Kedua, dari sekian banyaknya model cincin nikah yang aku list, ternyata ga ada yang bener-bener aku suka, ga ada model cincin yang pas dihati).

Dari awal aku cari referensi cincin nikah, aku ga begitu suka cincin nikah dengan "mata" yang besar dan tegas, dalam artian aku ga suka model cincin yang permatanya keliatan jelas banget, apalagi bentuknya sampai menonjol keluar, bahkan aku sampai bilang ke ibuku kalau aku ga mau ada "mata" di cincin nikahku, aku mau cincin nikahku polos aja udah gitu. Karena aku ga mau model cincin yang neko-neko, aku mau model cincin nikah yang simple yet timeless.

Setelah memperhatikan dengan seksama semua model cincin yang ada di etalase, dan beberapa koleksi mereka yang keluarkan dari tempat lain, yang lamanya berlangsung hingga kurang lebih 1 jam. Akhirnya aku memilih model cincin di bawah ini. Sebenernya model cincin yang aku pilih ini, bukanlah model cincin nikah. Cincin pada gambar di bawah ini adalah model cincin biasa. 

Cincin Nikahku (Sumber: Pribadi)

Tapi jangan salah Capengers, aku pilih cincin ini bukan sembarang pilih. Aku pilih cincin ini karena cincin ini memberikan sesuatu lainnya yang aku cari yaitu meaning. Ukiran cincin yang aku pilih ini menginterpretasikan simbol lemniscate atau infinity, atau dalam bahasa matematikanya simbol tak terhingga. Kalian masih ingat ga bentuk simbolnya seperti apa?
Notasi Tak Terhingga (Sumber: Google)


Yap, ukiran cincin tersebut dari depan hingga belakang menyerupai simbol tak terhingga. Meaning yang aku maksud adalah sekaligus doa, kalian tau ga definisi infinity itu apa? Infinity diambil dari bahasa latin Infinitas yang artinya tak terbatas, unbounded. Infinity atau tak terhingga adalah konsep abstrak yang menggambarkan sesuatu yang tanpa batas dan relevan dalam sejumlah bidang. Ada pula yang menyatakan bahwa tak terhingga adalah sebuah konsep bukan bilangan atau angka seperti yang disangka banyak orang. Dalam matematika, infinity adalah sesuatu yang lebih besar dari bilangan manapun tetapi sesuatu itu bukan bilangan, atau dengan kata lain tidak ada bilangan yang lebih besar dari "~" (infinity). 

Gimana, njelimet ya definisinya? hahaha apapun definisi tak terhingga itu sendiri, doa dan harapanku melalui cincin tersebut sesingkat kata tak terhingga, yakni semoga aku dan suami memiliki rasa cinta dan kasih sayang untuk satu sama lain yang tak terhingga, sepanjang usia, maut memisahkan, hingga dapat dipertemukan kembali di SurgaNya Aamiin, dan kebaikan-kebaikan tak terhingga lainnya untuk kami sekeluarga Aamiin. Kemudian meaning selanjutnya adalah ukiran cincin tersebut bergerak dari kiri bawah ke kanan atas dan terus mengulang (rebound), harapan aku melalui cincin tersebut adalah semoga aku dan suami dapat terus memperbaiki diri menjadi pribadi lebih baik lagi, bermanfaat bagi banyak orang, dan tentu aja diatas segalanya menjadi pribadi yang dicintai olehNya Aamiin.

Back to Topic...

Setelah memutuskan model cincin yang kami mau, kami langsung ukur besaran jari kami. Aku memilih emas putih untuk cincinku, dan perak untuk suami. Kenapa emas putih, bukan emas kuning? Karena aku ga begitu suka emas kuning, terlalu kentara, ngejreng, dan dari kecil aku lebih terbiasa menggunakan emas putih. Tapi semuanya kembali ke selera masing-masing, untuk harga emas putih harganya lebih tinggi dibanding harga emas kuning, namun harga jualnya lebih rendah. Dan kenapa cincin untuk suami bahannya silver? Karena palladium mahal, pada awalnya kami berniat menggunakan bahan palladium untuk cincin suami, tapi saat kami bilang ke pegawai toko untuk dibuatkan sepasang emas putih dan palladium, pegawai toko langsung bilang palladium itu mahal, mending perak aja. Karena saat itu kami juga baru tau kalo palladium itu muahal -berdasarkan ekspresi pegawai toko- yowes kami ikut aja pilih silver.

Setelah kami memesan, kami dijanjikan waktu pengerjaan selama satu bulan terhitung dari tanggal pemesanan. Kami pesan di bulan Desember, di pekan menjelang natal. Kemudian satu bulan setelahnya, sekitar Februari awal, kami datang ke Toko Mas Nanjak untuk mengambil pesanan kami. Tapi ternyata pesanan kami belum jadi, memang sih saat membaca beberapa review ex-pembeli Toko Mas Nanjak, ada beberapa yang bilang bahwa mereka tidak on time dalam pengerjaan. Tapi saat itu aku ga mau ambil pusing, selama keterlambatannya masih bisa ditoleransi ya ditunggu aja, meskipun sempet deg-degan juga, karena ada review yang bilang telatnya sampe H-sekian minggu mereka nikah. Tapi semuanya aku serahkan pada Allah SWT, dan Alhamdulillah di minggu depannya kami datang lagi, cincinnya sudah jadi. Setelah kami pas kan di jari masing-masing, kami minta cincin tersebut diukir nama dan tanggal nikah kami, proses pengukiran nama dan tanggal nikah dilakukan on the spot, kami menyaksikan langsung, dan alatnya masih manual.

My Wedding Ring Terukir Nama Masku Yang Tampan (Sumber: Pribadi)

Sekian review wedding ring alias cincin nikah alias cincin kawinnya Capengers. Sampai jumpa di postingan berikutnya, Review Undangan. Stay tune!

6 comments:

  1. cari cincin nikah emang susah buat nyari yg sreg nya
    tapi bsa pesen dulu dengan desain yg diinginkan dan ukuran yg sesuai dan harga terjangkau di https://dodolperak.com

    bahan cincin bsa pilih mulai dari perak, emas, dan palladium.
    dapatkan juga bonus dari kami,, dan jangan khawatir jika cincin kurang sesuai kana cincin kami bergaransi

    ReplyDelete
  2. Review toko mas kenanga di blog2 overrated. Harga gramnya si lebih murah 10/20 ribu, tapi ongkos bikin dan grafirnya terlalu mahal,jadi jatuhnya mahal juga.
    Apalagi untuk ukuran kadar 75%,emas kenanga ini warnanya terlalu pink, which is mean, campuran emasnya sedikit dan lebih banyak tembaga atau logam lainnya, atau kata orangtua emas muda.
    Mending beli di tempat lain deh, apalagi cincin nikah kan sekali seumur hidup cari yg shine nya everlasting deh.

    ReplyDelete
  3. Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu Logam Mulia 5 Gram dan Honeymoon di Bali!! Semua itu tanpa diundi looohhh…

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete
  4. Numpang promo ya kak
    Hi bride to be...Untuk kamu yang didaerah Bandung trus udah ada rencana menikah tapi masih bingung cari venue pernikahan ga usah galau, konsultasiin aja yu sama aku via whatsapp. Jadi kalau kamu masih bingung dengan venue pernikahan, aku rekomendasiin HIS Balai Sartika Convention Hall. Kenapa harus di HIS Balai Sartika Convention Hall? Banyak ternyata keunggulannya loh, kami sudah mengcover hampir seluruh kebutuhan calon pengantin, mulai dari
    *VENUE (BALAI SARTIKA CONVENTION HALL)*
    *CATERING*
    *DEKORASI*
    *DOKUMENTASI*
    *ENTERTAINMENT*
    *MAKEUP*
    *MC*
    *UPACARA ADAT*
    *WO*
    POKOKNYA HAMPIR SEMUA KEBUTUHAN PERNIKAHAN UDAH TERCOVER SEMUANYA!! Menariknya nih sekarang lagi banyak promo, mulai dari BONUS HONEYMOON PACKAGE DAN CASHBACK!! Pokoknya kalau lg cari gedung utk nikah di Kota Bandung, silakan sharing aja sama aku via WA +6281312214233, FREE KONSULTASI!!!!

    ReplyDelete
  5. Sands Casino | Atlantic City, NJ
    Casino in Atlantic City. The Sands Casino is open daily 24 바카라 사이트 hours. Don't miss out! Save 10% on our Hot Deals septcasino when you shop the best 메리트 카지노 online at our

    ReplyDelete