Sunday 11 September 2016

Review Sanggar Busana: Sanggar Risqi Kusumo, Sanggar Alisha Anjani, Sanggar Violetta

Hello Bridezilla,

Sesuai dengan topic list yang ketiga, aku akan membahas Sanggar Busana. Happy Reading.

Busana Resepsi Toska Silver Elly by Sanggar Violetta

1. Sanggar Risqi Kusumo

Sanggar ini beralamat di Jalan Cipinang Baru Raya No.4/8 Cipinang Jakarta Timur. No telp 021 4702670. Sanggar ini adalah salah satu sanggar yang rekanan dengan Anggraela Catering. Seperti yang udah aku bahas di postingan sebelumnya, bahwa kami sebelumnya udah deal dan DP dengan Anggraela Catering, namun pada akhirnya akhirnya batal. Nah, sebelum akhirnya batal, kami udah sempet mendatangi Sanggar Risqi Kusumo. Dari luar, sanggar ini terlihat kecil Bridezilla, tapi begitu masuk ke dalam, koleksinya buanyak. So, remember: we can't judge a book by its cover.

Perjalanan kami menemukan busana resepsi dengan warna toska mint dimulai dari sini. Saat itu aku ngerti banget kalo warna toska mint yang aku mau itu sulit didapat, karena biasanya koleksi warna yang dimiliki sanggar pasti warna-warna yang bold, dan busana dengan warna pastel masih jarang. Jadilah saat itu aku pilih busana bernuansa toska menyerupai biru dengan aksen dan payet berwarna gold, karena aku ga mau ribet, yang penting mah nikah, titik. Namun karena pada akhirnya kami batal bekerjasama dengan Anggraela, maka pencarian Sanggar Busana pun dimulai lagi dari nol.

Busana Toska Gold by Sanggar Risqi Kusumo (Sumber: Pribadi)

2. Sanggar Alisha Anjani

Selepas pembatalan dengan catering yang udah aku sebutkan di atas, kemudian aku beralih ke catering yang udah aku bahas di postingan sebelum postingan ini, akhirnya aku menggunakan jasa Sanggar Alisha Anjani sebagai vendor tata rias dan busanaku, sanggar Alisha Anjani ini rekanan dengan Yani Catering, jadi seluruh biayanya sudah termasuk dalam paket, kecuali untuk busana-busana tertentu/eksklusif, Sanggar Alisha Anjani mengenakan charge tambahan.

Sanggar Alisha Anjani beralamat di Jalan Bekasi Timur Raya No.597, persis di sebrang Markas Komando Brimob Cipinang Jakarta Timur. No telp 021 489 6356. Pemilihan busana di Sanggar Alisha Anjani pun ga mulus begitu aja, karena hasilnya sama, Alisha Anjani ga punya koleksi warna toska mint seperti yang aku mau. Jadi yoweslah, akhirnya aku pilih busana resepsi toska gold, dengan warna toska yang hampir sama dengan warna biru. Untuk pemilihan busana tersebut, kami dikenakan penambahan biaya sebesar IDR 2.000.000, karena memang desainnya berbeda. Percayalah Bridezilla, bagian bawah dari gaun ini berat, banget. Dan aku pun sebenernya kurang suka dengan model ekor gaun yang ribet, apalagi harus pake kawat petticoat agar gaun terlihat mengembang alias ga bikin kesrimpet. Tapi ya sudahlah.

Busana Toska Gold by Sanggar Alisha Anjani (Sumber: Pribadi)


Busana Toska Gold by Sanggar Alisha Anjani (Sumber: Pribadi)

Seiring dengan berjalannya waktu, aku mulai meragukan pemilihan warna busana resepsi yang hendak aku pakai, alasan utamanya karena warna ini memang bukan warna yang aku mau, alasan kedua karena beberapa pendapat temen yang bilang kalo warna ini bukan aku banget dan sampe ada yang bilang aku kayak sinden ketika nunjukin foto fitting dengan baju ini hahaha, then I thought "it's your big day, think twice". Maka jadilah aku batalkan busana ini dan uang DP nya aku alihkan ke busana akad (note: sebelumnya aku pilih busana akad standar bawaan paket, tapi karena busana akadnya bernuansa white broken dan gold, jadi aku ganti, karena aku mau busana akadnya putih, putih bersih, bukan putih gading, atau putih-putih lainnya, dan untuk baju akad tersebut ada penambahan biaya lagi, maka dari itu uang DP dari busana resepsi yang aku cancel aku alihkan ke busana akad). Jadilah PR kami belum beres, busana resepsi toska mint dimanakah dirimu berada~


Busana Akad by Sanggar Alisha Anjani (Sumber: Pribadi)

Pencarian busana resepsi pun berlanjut, dan beberapa minggu pun berlalu, akhirnya aku dapet busana resepsi yang warnanya sesuai dengan yang aku mau. Setelah aku dapet busana tersebut, aku mengabari pihak Alisha Anjani, dan busana orang tua, among tamu, penerima tamu pun warnanya disesuaikan dengan busana resepsi yang aku dapet dari vendor lain ini (note: di vendor ini, aku hanya sewa busana resepsi aja, untuk busana akad, orang tua dll, tetap dari Alisha Anjani).

Sistem pengukuran busana untuk orang tua dll di Sanggar Alisha Anjani adalah H-1 bulan kita diminta untuk mengambil sampel baju dari Alisha Anjani, dari ukuran terkecil sampai terbesar untuk busana pria dan wanita, untuk kemudian diukur oleh orang tua, among tamu, penerima tamu dll dan hasil pengukuran tersebut kita catat di form yang udah diberikan oleh pihak Alisha Anjani (note: Alisha Anjani sebenernya bukan cuma sanggar tapi juga WO, Alisha Anjani punya tim catering, properti dll, dan konon katanya kalo pake jasa catering mereka, semua koleksi busananya bebas charge, semua koleksi tanpa terkecuali, karena denger kabar Alisha Anjani membatasi busana yang bisa digunakan, jika Capengers menggunakan catering lain).

Untuk riasan, aku juga menggunakan jasa dari Alisha Anjani. Untuk MUA, tim Alisha Anjani ini ga perlu diragukan lagi kayaknya ya, sepanjang blog walking komentarnya ok semua. Untuk perias aku sendiri, aku sama sekali ga ada contact dengan MUA aku itu sebelum hari H, jadi bener-bener baru ketemu pas hari H (note: Alisha Anjani ga ada test make up, dan tim MUA nya udah diatur sedemikian rupa oleh tim Alisha Anjani sendiri jadi kita ga bisa request, atau bisa request ya? bridezilla silakan crosscheck sendiri ya). Untuk review MUA nya nya aku bahas lebih lanjut di Review Sanggar Rias ya Bridezilla. Keep reading.


3. Sanggar Violetta

Sanggar Violetta, vendor terjauh di antara vendor-vendor lainnya. Aku tau sanggar ini dari instagram, yap berbekal sebuah hashtag, akhirnya aku berhasil menemukan busana resepsi toska mint silver, finally. Setelah kenyang ngeliat koleksi mereka di instagram, di minggu itu juga, aku dan mantan pacar langsung meluncur ke lokasi. Saat pertama kali fitting, baju toska silver elly yang aku mau ternyata ga muat, karena ukurannya kecil, tapi untungnya masih ada baju dengan warna toska yang lain, akhirnya aku ok tapi ga langsung DP saat itu.

Toska silver elly (Kiri) Toska silver (Kanan) by Sanggar Violetta

Setelah diskusi dengan orang tua, akhinya kami sepakat untuk menggunakan busana dari Sanggar Violetta ini, namun polemik selanjutnya adalah tetap dengan adat jawa atau nasional, karena ngeliat busana ini dipadankan dengan gaun agak bikin ngiler juga. Kali kedua kami berkunjung ke Sanggar Violetta, aku masih penasaran dengan toska silver elly, karena ada beberapa perbedaan dengan toska silver yang aku coba pertama kali, terdapat perbedaan pada payet, bentuk potongan leher dan juga kancingnya. Dan karena aku udah lebih dulu jatuh hati dengan toska silver elly jadilah aku coba fitting lagi dan Alhamdulillah muat (setelah menimbang berat badan ternyata aku udah turun 8kg saat kunjungan kedua). Dan setelah pertimbangan yang matang, akhirnya aku tetap memilih adat jawa, it means aku memakai bawahan kain bukan gaun, karena menghormati kemauan kedua orang tuaku dan Alhamdulillah pilihan menggunakan kain bagus juga karena bawahan kain membuat kita terlihat ramping dan tetap anggun kok.


Busana Resepsi Toska Silver by Sanggar Violetta (Sumber: Pribadi)

Untuk sewa busana ini aku dikenakan harga IDR 2.000.000 sudah include beskap laki-laki, keris, kain sidomukti, lengkap. Untuk perempuannya juga udah lengkap termasuk bustier, manset, hijab, tambahan gaun belakang/ekor (note: aku pakai gaun belakang 2 versi, karena 1 versi aja agak menerawang). Untuk aksesori hijab dan aksesori penutup bagian dada (pundak), koleksi aku pribadi, tidak termasuk dalam paket. Dan busana resepsi ini diantar ke rumah pada H-3 my wedding daySanggar Violetta beralamat di Jalan Damar I, Jati Bening Baru, Bekasi. PIC: Mba Yulin 0819 3200 5702


Busana toska silver elly Sanggar Violetta (Sumber Pribadi)

Karena busana ini kami sewa diluar Alisha Anjani, jadi kami ga berkewajiban melepas busana ini sesegera mungkin, jadi saat kami pulang, kami masih menggunakan busana ini dan kami gunakan kesempatan untuk foto-foto lebih lama. Dan percayalah Bridezilla, setelah acara selesai, rasanya aku ga mau bersihin make up dan ga mau ganti baju, ga mau, karena warna busana ini terlalu manis, dan make up nya bikin aku jatuh hati.

Oh ya ada sedikit selipan cerita mengenai baju ini, singkatnya panjang lengan dari baju toska elly ini agak menggantung, jadilah aku minta tambahan 2cm lebih panjang, tapi ternyata hasil jahitannya ga sesuai ekspetasi, lingkar pergelangan tangannya terlalu kecil. Alhasil jahitan tambahan 2cm tersebut aku buka. Terus gimana aku menyiasati lengan baju yang menggantung tersebut, silakan baca disini ya. Dan cerita menggeilitik lainnya adalah, ibuku harus mengecilkan lagi ukuran baju ini (jahit sendiri). Padahal saat fitting terakhir di H-1 bulan, ukurannya udah pas. Kenapa? Karena ternyata berat badanku turun lagi, dengan total penurunan 10kg. Padahal aku sama sekali ga diet macem-macem, aku cuma jaga makan dengan ngurangin gorengan dan banyak makan sayur dan buah, serta banyak minum air putih. Mungkin karena faktor cape ngurus semuanya sendiri tanpa menggunakan jasa WO, jadi berat badannya turun sendiri hihi.

Sekian untuk Review Sanggar Busana, Bridezilla. Semoga dapat memberi pencerahan. Next topic: Sanggar Rias. Stay tune!

8 comments:

  1. Sis.. penutup dadanya beli dimana?
    Masih ada yang jual ga ya?

    ReplyDelete
  2. pke wo alisha anjanni byr brp? bsa bls ke email aq sai.
    tuti_faizah@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. Sekarang mau melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet, dapatkan juga paket Honeymoon ke JAPAN selama 5 hrai 4 malam gratis tanpa di undi. Yuuk gabung bersama kami Venue & wedding organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan, kamu udah bisa dapatkan:
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    FREE HONEYMOON 4D3N di JAPAN+FLIGHT (tanpa diundi) & masih banyak lagii Segera hubungi marketing HIS Venue & Wedding Organizer by HIS K LINK TOWER : 0895 4103 28343 (ozi)

    ReplyDelete
  4. NEW INFO

    Selamat sore!
    HIS Kologdam pada hari Sabtu,31 Agustus 2019
    pukul 11.00-14.00 akan mengadakan Test Food loh,
    bagi kaka-kaka yang sedang mencari gedung pernikahan beserta paket nya yang lainnya dalam mempersiapkan acara pernikahannya boleh dateng kok, acara ini GRATIS!
    Disana kaka-kaka bisa review tentang vendor-vendor yg bekerjasama dengan HIS Kologdam dan sharing tentang periapan pernikahan kaka-kaka dengan wedding consultant terbaik dari HIS Kologdam.
    Dateng yuuuuk, karena akan ada doorprize serta bonus yang menarik loh seperti Logam Mulia 10Gram!!

    Langsung hubungi ke,
    ROSIANTI
    085624295686 (WA)
    rosi.hiskologdam (Instagram)
    rosianti.hiscorp@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luas bgt, udah gitu gak ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya juga..

    Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe ;)

    ReplyDelete